Kamis, 21 Februari 2013

PERSYARATAN PENDAFTARAN CALON BRIGADIR POLISI T.A. 2013

Persyaratan umum terdiri dari :
1.  Warga Negara Indonesia.
2.  Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
3.  Setia kepada Negara Kesatuan RI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
4.  Tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana yang dinyatakan dengan surat keterangan /SKCK dari Polres/tabes setempat.
5.  Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari institusi kesehatan).
6.  Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta bersedia ditugaskan pada bidang tugas Brimob dan Dalmas.
7.  Berijazah serendah-rendahnya SMU/MA jurusan IPA/IPS atau SMK (kecuali Tata Busana dan Tata Kecantikan) dengan nilai akhir (HUAN dan sekolah) minimal 6,50.
8.  Umur pada saat pembukaan Pendidikan Pembentukan Brigadir Polisi T.A. 2013 tanggal 27 Mei 2013 minimal 17 tahun 5 bulan dengan umur maksimal 21 tahun.
9.  Tinggi badan dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku, dengan minimal  :
     Pria      : 163 cm
     Wanita : 160 cm
10. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan Brigadir Polisi ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus dan dilantik dengan menggunakan atribut pangkat Bripda.
11. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) minimal 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi Brigadir Polisi(masa dinas surut tidak diperhitungkan).
12. Memperolah persetujuan dari orang tua/wali bagi yang belum berusia 21 tahun, tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan suatu instansi lain. Telah berdomisili di wilayah Polda Jawa Barat minimal 1 (satu) tahun yang dibuktikan dengan KTP dan Kartu Keluarga atau ijazah/STTB/rapor terakhir.

Persyaratan administrasi :
Peserta melaksanakan pendaftaran yang diawali dengan registrasi secara online melalui website www.penerimaan.polri.go.id. Selanjutnya setelah mendapatkan ID Registrasi, peserta datang sendiri (tidak diwakilkan) menukarkan ID Registrasi ke tempat pendaftaran dengan membawa dokumen asli dan membawa masing-masing 5 (lima) lembar foto copy yang telah dilegalisir, terdiri dari :
1.  Ijazah/STTB SD, SMP, SMU/MA, SMK (foto copi dilegalisir oleh Diknas Kabupaten/Kota setempat atau sekolah).
2.  Buku rapor SD, SMP, SMA/MA, SMK (foto copi dilegalisir sekolah masing-masing).
3.  Daftar nilai HUAN foto copi dilegalisir Diknas Kab/Kota setempat atau sekolah).
4.  Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir (foto copi dilegalisir Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat).
5.  Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Polres/tabes (foto copi dilegalisir Polres/tabes yang menerbitkan).
6.  Surat Keterangan Sehat dari institusi kesehatan di luar Polri seperti Puskesmas dan Rumah Sakit Umum (foto copi dilegalisir instansi yang menerbitkan).
7.  KTP atas nama pendaftar (yang telah berdomisili di wilayah hukum Polda Jabar minimal 1 tahun, dengan tanggal penerbitan KTP minimal 27 Mei 2012 dan foto copi dilegalisir pihak kecamatan setempat).
8.  KTP orang tua /wali (foto copi dilegalisir pihak kecamatan setempat), Kartu Keluarga (foto copi dilegalisir pihak kecamatan setempat).
9.  Pas photo (latar belakang warna kuning) ukuran 4×6 sebanyak 20 lembar.
10.  Pas photo close up setengah badan menghadap ke depan ukuran post card/3 R latar belakang warna kuning sebanyak 3 lembar.
Seluruh berkas tersebut dimasukan ke dalam map terpisah, yaitu satu map untuk berkas dukumen asli serta lima map untuk berkas foto copi.

Tempat pendataran di masing-masing Pabanrim (Polres/Tabes jajaran Polda Jabar) setiap hari kerja mulai tanggal 2 Maret sampai dengan 29 Maret 2013 pukul 07.00 wib. s.d. 15.00 wib. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat Panitia Daerah Polda Jabar di Subbag Diapers Bag Dalpers Biro SDM Polda Jabar Jalan Soekarno-Hatta 748 Bandung Telp.  (022) 7811386 web : http://diaperspoldajabar.net Polres/Tabes yang terdekat. Khusus Warga Masyarakat wilayah hukum Polres Tasikmalaya dapat menghubungi Panitia Bantuan Penerimaan Brigadir Polisi Polres Tasikmalaya T.A. 2013 Jalan Mangunreja No. 1 Tasikmalaya 46462 web : bagsumdapolrestasikmalaya.blogspot.com atau BAGSDM-RESTSM.TK

7 komentar:

  1. siap pak , saya mau nnyk , ini yg pertama kali nya saya mencalonkan,begini pak apa KTP pendaftar mesti di buat lagi di polda setempat pak.... mohon balasan nya pak ?,trimakasih.

    BalasHapus
  2. mohon maaf sdr. bari sutrisno, sdr tinggal dmn? jika sdr. mendaftar di daerah anda lahir bwt ktp dimana anda tinggal dan jika anda mendaftar di daerah lain anda harus membuat ktp dimana anda mendaftar dengan ketentuan sdr. tinggsl di daerah tersebut minimal 1 tahun, dengan tanggal penerbitan KTP minimal 27 Mei 2012.

    BalasHapus
  3. Maaf Pak, saya mau tanya,,
    Untuk jurusan IPB bisa ikut daftar tidak?
    Karena di SMA itu ada 3 jurusan IPA, IPB, dan IPS
    Jikalau tidak bisa ikut daftar, alasannya kenapa?

    Terima kasih,,

    BalasHapus
  4. kepda sdr. agus .untuk pendaftaran Calon Brigadir TA 2013 , bagi lulusan SMA jurusan IPB belum bisa mendaftar .
    Karena itu sudah keputusan dari Panitia Pusat Mabes Polri.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  5. selamat sore.
    mohon maaf saya mau tnya pak.
    tadi saya hbis mendaftar , tetapi ada kesulitan di adminitrasi,
    .katanya klo lulusan dari SMK Kabupaten harus minta surat keterangan dari Sekolahan nya.
    begitu katanya pak.
    .Mohon bimbingan dan penjelasan nya .
    Terimakasi.

    BalasHapus
  6. Hormat kumendan...

    selamat pagi Pak...
    saya mau tanya... berapa biaya untuk menjadi seorang brigadir polisi dimulai dr saat pendaftaran hingga selesai pendidikan ?

    mohon info dari pak kumendan, karena adik saya sangat berniat untuk menjadi seorang brigadir polisi yang tangguh ... sehingga saya sebagai abangnya akan berusaha mempersiapkan segala sesuatunya dengan terencana.


    BalasHapus
  7. Terimakasih infonya mengenai syarat daftar brigadi ini

    BalasHapus