Persyaratan umum
terdiri dari :
1. Warga Negara Indonesia.
2. Beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan YME.
3. Setia kepada Negara Kesatuan RI berdasarkan Pancasila dan
UUD 1945.
4. Tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana yang
dinyatakan dengan surat keterangan /SKCK dari Polres/tabes setempat.
5. Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari
institusi kesehatan).
6. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak
tercela, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan
Republik Indonesia serta bersedia ditugaskan pada bidang tugas Brimob
dan Dalmas.
7. Berijazah serendah-rendahnya SMU/MA jurusan IPA/IPS atau SMK (kecuali
Tata Busana dan Tata Kecantikan) dengan nilai akhir (HUAN dan sekolah)
minimal 6,50.
8. Umur pada saat pembukaan Pendidikan Pembentukan Brigadir
Polisi T.A. 2013 tanggal 27 Mei 2013 minimal 17 tahun 5 bulan dengan
umur maksimal 21 tahun.
9. Tinggi badan dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku, dengan minimal :
Pria : 163 cm
Wanita : 160 cm
10. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan
Brigadir Polisi ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus dan dilantik dengan
menggunakan atribut pangkat Bripda.
11. Bersedia menjalani Ikatan Dinas
Pertama (IDP) minimal 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat diangkat
menjadi Brigadir Polisi(masa dinas surut tidak diperhitungkan).
12. Memperolah persetujuan dari orang tua/wali bagi yang belum berusia 21
tahun, tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan suatu instansi lain.
Telah berdomisili di wilayah Polda Jawa Barat minimal 1 (satu) tahun
yang dibuktikan dengan KTP dan Kartu Keluarga atau ijazah/STTB/rapor
terakhir.
Persyaratan administrasi :
Peserta melaksanakan pendaftaran yang diawali dengan registrasi secara
online melalui website www.penerimaan.polri.go.id. Selanjutnya setelah
mendapatkan ID Registrasi, peserta datang sendiri (tidak diwakilkan)
menukarkan ID Registrasi ke tempat pendaftaran dengan membawa dokumen
asli dan membawa masing-masing 5 (lima) lembar foto copy yang telah
dilegalisir, terdiri dari :
1. Ijazah/STTB SD, SMP, SMU/MA, SMK (foto copi
dilegalisir oleh Diknas Kabupaten/Kota setempat atau sekolah).
2. Buku
rapor SD, SMP, SMA/MA, SMK (foto copi dilegalisir sekolah
masing-masing).
3. Daftar nilai HUAN foto copi dilegalisir
Diknas Kab/Kota setempat atau sekolah).
4. Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir
(foto copi dilegalisir Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat).
5. Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Polres/tabes (foto copi
dilegalisir Polres/tabes yang menerbitkan).
6. Surat Keterangan Sehat dari
institusi kesehatan di luar Polri seperti Puskesmas dan Rumah Sakit Umum
(foto copi dilegalisir instansi yang menerbitkan).
7. KTP atas nama
pendaftar (yang telah berdomisili di wilayah hukum Polda Jabar minimal 1
tahun, dengan tanggal penerbitan KTP minimal 27 Mei 2012 dan foto copi
dilegalisir pihak kecamatan setempat).
8. KTP orang tua /wali (foto copi
dilegalisir pihak kecamatan setempat), Kartu Keluarga (foto copi
dilegalisir pihak kecamatan setempat).
9. Pas photo (latar belakang warna
kuning) ukuran 4×6 sebanyak 20 lembar.
10. Pas photo close up setengah badan
menghadap ke depan ukuran post card/3 R latar belakang warna kuning
sebanyak 3 lembar.
Seluruh berkas tersebut dimasukan ke dalam map
terpisah, yaitu satu map untuk berkas dukumen asli serta lima map untuk
berkas foto copi.
Tempat pendataran di masing-masing Pabanrim (Polres/Tabes jajaran Polda
Jabar) setiap hari kerja mulai tanggal 2 Maret sampai dengan 29 Maret
2013 pukul 07.00 wib. s.d. 15.00 wib. Untuk informasi lebih lanjut dapat
menghubungi Sekretariat Panitia Daerah Polda Jabar di Subbag Diapers
Bag Dalpers Biro SDM Polda Jabar Jalan Soekarno-Hatta 748 Bandung Telp. (022) 7811386 web : http://diaperspoldajabar.net , Polres/Tabes yang terdekat. Khusus Warga Masyarakat wilayah hukum Polres Tasikmalaya dapat menghubungi Panitia Bantuan Penerimaan Brigadir Polisi Polres Tasikmalaya T.A. 2013 Jalan Mangunreja No. 1 Tasikmalaya 46462 web : bagsumdapolrestasikmalaya.blogspot.com atau BAGSDM-RESTSM.TK
Kamis, 21 Februari 2013
PERSYARATAN PENDAFTARAN CALON BRIGADIR POLISI T.A. 2013
Posted on Kamis, Februari 21, 2013 by BAG SUMDA POLRES TASIKMALAYA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
siap pak , saya mau nnyk , ini yg pertama kali nya saya mencalonkan,begini pak apa KTP pendaftar mesti di buat lagi di polda setempat pak.... mohon balasan nya pak ?,trimakasih.
BalasHapusmohon maaf sdr. bari sutrisno, sdr tinggal dmn? jika sdr. mendaftar di daerah anda lahir bwt ktp dimana anda tinggal dan jika anda mendaftar di daerah lain anda harus membuat ktp dimana anda mendaftar dengan ketentuan sdr. tinggsl di daerah tersebut minimal 1 tahun, dengan tanggal penerbitan KTP minimal 27 Mei 2012.
BalasHapusMaaf Pak, saya mau tanya,,
BalasHapusUntuk jurusan IPB bisa ikut daftar tidak?
Karena di SMA itu ada 3 jurusan IPA, IPB, dan IPS
Jikalau tidak bisa ikut daftar, alasannya kenapa?
Terima kasih,,
kepda sdr. agus .untuk pendaftaran Calon Brigadir TA 2013 , bagi lulusan SMA jurusan IPB belum bisa mendaftar .
BalasHapusKarena itu sudah keputusan dari Panitia Pusat Mabes Polri.
Terima kasih.
selamat sore.
BalasHapusmohon maaf saya mau tnya pak.
tadi saya hbis mendaftar , tetapi ada kesulitan di adminitrasi,
.katanya klo lulusan dari SMK Kabupaten harus minta surat keterangan dari Sekolahan nya.
begitu katanya pak.
.Mohon bimbingan dan penjelasan nya .
Terimakasi.
Hormat kumendan...
BalasHapusselamat pagi Pak...
saya mau tanya... berapa biaya untuk menjadi seorang brigadir polisi dimulai dr saat pendaftaran hingga selesai pendidikan ?
mohon info dari pak kumendan, karena adik saya sangat berniat untuk menjadi seorang brigadir polisi yang tangguh ... sehingga saya sebagai abangnya akan berusaha mempersiapkan segala sesuatunya dengan terencana.
Terimakasih infonya mengenai syarat daftar brigadi ini
BalasHapus