Selasa, 23 April 2013

PEMBUKAAN PENERIMAAN CALON TARUNA DAN TARUNI AKPOL T.A.2013


Disampaikan kepada seluruh masyarakat bahwa pada tanggal 24 April s/d 21 Mei 2013 akan dibuka pendaftaran penerimaan Calon Taruna dan Taruni T.A. 2013.

Persyaratan umum terdiri dari :
1. Warga Negara Indonesia.
2. Usia minimal 16 ( enam belas ) Tahun, maksimal 21 ( dua puluh satu ) Tahun pada saat pembukaan pendidikan 1 Agustus 2013.
3. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME.
4. Setia kepada Negara Kesatuan RI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
5. Tidak pernah dipidana karena melakukan tindak pidana yang dinyatakan dengan surat keterangan /SKCK dari Polres/tabes setempat.
6. Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari institusi kesehatan).
7. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
8. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia serta bersedia ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian.

Persyaratan pendidikan :
1.Berijazah serendah-rendahnya SMU/MA jurusan IPA/IPS.
a. Bagi yang berusia kurang dari 17 tahun dengan ketentuan :
(1) Nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 8,00 ( delapan koma nol nol ) atau ;
(2) Nilai rata-rata Ujian Nasional minimal 7,25 ( tujuh koma dua lima ) s.d 7,99 ( tujuh koma sembilan sembilan ) harus memiliki kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEFL di atas 500 ( lima ratus ).
2. Bagi lulusan tahun 2013 ( yang masih kelas 3 / XII ) menggunakan nilai rata-rata rapor kelas 3 / XII Semester 1 dengan ketentuan sbb :
a. Bagi yang usia kurang dari 17 tahun dengan ketentuan nilai rata-rata 8,00 ( delapan koma nol nol ).
b. Bagi yang berusia 17 s/d 21 tahun nilai rata-rata minimal 7,25 ( tujuh koma dua lima ).
c. Setelah dinyatakan lulus, menyerahkan ijazah dan diberlakukan persyartan butir 1.a.
3. Tinggi badan minimal ( dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku ) :
a. Pria : 165 ( seratus enam puluh lima ) cm.
b. Wanita : 163 ( seratus enam puluh tiga ) cm.
4. Belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan Taruna dan Taruni Akpol, ditambah 2 (dua) tahun setelah lulus dan dilantik dengan  pangkat Ipda.
5. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) minimal 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi Taruna dan Taruni Akpol (masa dinas surut tidak diperhitungkan).
6. Memperolah persetujuan dari orang tua/wali.
7. Tidak terikat perjanjian ikatan dinas dengan suatu instansi lain.
8. Telah berdomisili di wilayah Polda Jawa Barat minimal 1 (satu) tahun yang dibuktikan dengan KTP dan Kartu Keluarga, bagi yang sedang menempuh pendidikan dan lulus belum 1 (satu ) tahun dibuktikan dengan rapor/ijazah dari sekolah yang berada di wilayah Polda Jabar.
9. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai/karyawan dengan ketentuan sbb :
a. mendapat persetujuan/rekomendasi dari kepala instansi/satuan kerja yang bersangkutan.
b. bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan bila diterima dan mengikuti pendidikanTaruna/Taruni Akpol.
10. Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian di tingkat Panda dengan sistem gugur dan kemudian mengikuti seleksi tingkat Panpus Mabes Polri.

Persyaratan pendaftaran :

Calon wajib datang sendiri (tidak diwakilkan oleh siapapun juga)  dengan membawa dokumen asli dan membawa masing-masing 1 (satu) lembar foto copy yang telah dilegalisir, terdiri dari :
1. Ijazah/STTB SD, SMP, SMU/MA jurusan IPA / IPS (foto copi dilegalisir oleh Diknas Kabupaten/Kota setempat dan sekolah).
2. Bagi yang masih duduk di SMU/MA kelas 3 / XII , melampirkan buku rapor kelas 3 Semester 1 dan surat keterangan dari kepala sekolah.
3. Buku rapor SD, SMP, SMU/MA, (foto copi dilegalisir Kepala sekolah masing-masing).
4. Daftar nilai HUAN (foto copi dilegalisir Diknas Kab/Kota setempat atau sekolah).
5. Akte Kelahiran/Surat Kenal Lahir (foto copi dilegalisir Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil setempat).
6. Surat Keterangan Catatan Kepolisian dari Polres/tabes (foto copi dilegalisir Polres/tabes yang menerbitkan).
7. Surat Keterangan Sehat dari institusi kesehatan di luar Polri seperti Puskesmas dan Rumah Sakit Umum (foto copi dilegalisir instansi yang menerbitkan).
8. KTP atas nama pendaftar (yang telah berdomisili di wilayah hukum Polda Jabar minimal 1 tahun, dengan tanggal penerbitan KTP minimal 1 Agustus 2012 dan foto copi dilegalisir pihak kecamatan setempat).
9. KTP orang tua /wali (foto copi dilegalisir pihak kecamatan setempat).
10. Kartu Keluarga (foto copi dilegalisir pihak kecamatan setempat).
11. Pas photo (latar belakang warna merah) ukuran 4×6 sebanyak 20 lembar.
12. Pas photo close up setengah badan menghadap ke depan ukuran post card/3 R latar belakang warna merah sebanyak 3 lembar.
13. Seluruh berkas tersebut dimasukan ke dalam map terpisah, yaitu satu map untuk berkas dokumen asli serta satu map untuk berkas foto copi/arsip.

Tempat dan waktu pendataran
Calon harus mendaftar/regristrasi online ke web : www.penerimaan.polri.go.id kemudian melakukan pendaftaran ulang di masing-masing Pabanrim (Polres/Tabes jajaran Polda Jabar) setiap hari kerja mulai tanggal 24 April sampai dengan 21 Mei 2013 pukul 07.30 wib. s.d. 14.30 wib.
Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi Sekretariat Panitia Daerah Polda Jabar di Subbag Diapers Bag Dalpers Biro SDM Polda Jabar Jalan Soekarno-Hatta 748 Bandung Telp.  (022) 7811386  atau Polres/Tabes yang terdekat atau website http://diaperspoldajabar.net.

Khusus Warga Masyarakat wilayah hukum Polres Tasikmalaya dapat menghubungi Panitia Bantuan Penerimaan Taruna dan Taruni Akpol Polres Tasikmalaya T.A. 2013 Jalan Mangunreja No. 1 Tasikmalaya 46462 web : bagsumdapolrestasikmalaya.blogspot.com atau BAGSDM-RESTSM.TK

0 komentar:

Posting Komentar